Tips Merawat Anjing Pom Kesayangan Kalian

Sebagai hewan dengan sifat yang jinak serta penyayang, anjing memang seringkali dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah.

Hewan peliharaan sendiri merupakan hewan yang dirawat dan dibesarkan oleh seseorang di rumahnya. Salah satu jenis anjing yang banyak disukai dan digemari oleh semua orang adalah anjing mini pom atau yang dinamakan dengan anjing Pomeranian.

Anjing Pomeranian merupakan salah satu jenis anjing dengan ras anjing Spitz atau berbulu tebal dan panjang dengan telinga sedikit kecil dan tegak.

Anjing ini berasal dari Jerman, nama Pomeranian merupakan sebuah provinsi tua yang ada di Jerman dinama berkaitan dengan anjing itu. Anjing ini merupakan hewan yang pintar dan bersemangat serta aktif bergerak.

Pomeranian sendiri memiliki karakter khusus yang membedakannya dengan jenis anjing lainnya. terutama dari bentuk tubuh serta warna bulunya.

Anjing ini mempunyai ciri khusus sehingga bisa dikenali dengan mudah dan baik. Mini pom memiliki gerakan yang lincah dan aktif sehingga tulangnya kuat.

Dilihat dari ukuran tubuh, Mini Pom mempunyai berat ideal sekitar 3 sampai 7 pon atau sekitar 1,4 sampai 3.2 kg. Untuk Mini Pom yang dijadikan sebagai anjing show beratnya sekitar 1.8 sampai 2.7 kg. Ukuran tulangnya sedang dan panjang, kakinya proposional.

Anjing Pomeranian mempunyai kepala yang seimbang dengan badanya. Moncongnya pendek, lurus, bibir tidak terlalu tipis dan temperamennya tidak agresif. Lalu, bagaimana cara merawat mereka?

1.Perawatan Luar

Perawatan Luar

Anjing Pomeranian mempunyai bulu yang panjang dan tebal sehingga harus dibersihkan setiap hari dengan cara disisir. kalian dapat menyisirnya dari kepala dan memisahkan bulu ke arah depan. Bulu yang jatuh dipisahkan. Gunakan dry shampoo saat mandi agar bulu tetap sehat dan bersih.

Mandikan anjing Pomeranian secara teratur dengan menggunakan dry shampoo, dan bersihkan area mata setiap hari untuk menghindari adanya noda air mata atau kotoran yang menempel di sekitar mata Pomeranian.

Telinga Pomeranian harus diperhatikan dengan baik. Karena telingan Pomeranian mempunyai banyak bulu hingga dua lapis sehingga membuat kotoran dan debu banyak menempel dan menumpuk di sela telinga.

Bersihkan telinga dengan menggunakan cotton swab yang dicelupkan dalam cairan pembersih non alkohol. Jangan masukan cotton tip dalam telinga karena akan merusak telinga.

Potong kuku anjing secara rutin dengan mengangkat telapk kaki dari belakang dan menekukan sendinya. Saat memotong, sisakan sepanjang 5 mm untuk melindungi bagian dalam kuku. kalian dapat menggunakan alat potong kuku anjing khusus yang dibeli di toko hewan terdekat.

Anjing Pomeranian mempunyai rambut yang lebat dan panjang sehingga debu banyak yang menempel dan bersarang di rambut Pomeranian tersebut. kalian harus menyisir rambut Pomeranian minimal 2 kali dalam sehari untuk rambut tidak mengikat dan kotor.

Anjing Mini Pom harus sering diperhatikan giginya. Kalian dapat membersihkan gigi dari kotoran untuk mencegah infeksi dari bakteri yang dapat membuat fatal. Anjing ini bisa anda bawa ke event joker123 online terbaru apabila anda ingin teman yang asyik ketika bermain judi online.

Kalian dapat menggunakan sikat dan pasta gigi khusus untuk anjing. Biasanya anjing akan menolaknya,  sehingga saat menyikat, jangan terlalu keras karena gusi anjing sangat sensitif.

2.Memandikan dan Memberi Makan

Memandikan dan Memberi Makan

Saat memandikan anjing juga harus dilakukan di bak mandi khusus. Menggunakan wadah air dan diisikan dengan air hangat, lalu rendam anjing seperbagian tubuhnya.

Kalian dapat menggunakan cangkir untuk menuangkan air perlahan ke tubuh anjing. Jangan sampai air masuk ke dalam telinga dan hindari area mata.

Asupan makanan juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan anjing Pomeranian yang sudah dewasa. Anjing Mini Pom dapat diberikan makanan satu hingga tiga kali dalam sehari.

Makanan yang diberikan mempunyai gizi dan nutrsi yang baik dan makanan tersebut lunak atau bisa direndam dahulu untuk memudahkan proses mengunyah.

Perawatan untuk anjing Pomeranian dewasa ini cukup mudah dan cenderung memang perawatan sehari-hari atau rutinitas.

Karena anjing yang sudah dewasa sudah terbiasa dengan berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan tubuh atau kandangnya. Sehingga yang perlu diperhatikan hanya rutinitas yang baik dan tidak boleh bosan untuk melakukan perawatan tersebut untuk anjing kalian.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk merawat anjing pom kalian. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer